elsabarto

blog arsip pribadi

Cara Pembuatan SIM dan Download Soal Ujian Teori

Hari ini saya memperpanjang SIM C di Polres Sukabumi, berhubung SIM C saya sebelumnya diterbitkan di Polres Cimahi dan saya tidak ada waktu untuk cabut berkas SIM ke Cimahi untuk Mutasi SIM, terpaksa saya mempergunakan biro jasa.
Cukup dengan menyerahkan fotokopi KTP 2 lembar, menyerahkan SIM asli yang lama, surat keterangan sehat dan uang 200 ribu, hanya dalam waktu 30 menit SIM C baru sudah selesai siap pakai :D
Trik agar tidak mengantri tes kesehatan, anda dapat memperoleh surat keterangan sehat dari Puskesmas dengan tes buta warna, biaya yang dikeluarkan cukup 5 ribu rupiah, berbeda dengan dokter polri yang harus merogoh kocek tak kurang dari 20 ribu, padahal sebelumnya cukup 10 ribu, mungkin disesuaikan dengan kenaikan harga PERTAMAX :lol:

Untuk prosedur pembuatan SIM baru adalah sebagai berikut :
1. Bawa pensil 2B, pulpen dan tentu saja uang secukupnya, jangan lupa sarapan dahulu sebab panjang antrian tidak bisa diprediksi kecuali anda pakai biro jasa.
2. Bawa KTP asli karena dibutuhkan untuk mengambil ID Tamu ke Provost Polres.
3. Periksa kesehatan dahulu ke dokter Polri dg menyerahkan 1 fotokopi KTP untuk daftar antrian. Setelah selesai tes baca abjad & buta huruf, anda dipungut biaya 10 / 20 ribu untuk mengambil surat keterangan sehat.
4. Ambil formulir isian permohonan SIM baru ( 75 ribu ) / perpanjangan SIM ( 65 ribu ).
5. Bayar asuransi 15 ribu.
6. Kembalikan formulir untuk selanjutnya mengikuti ujian teori, disini ada dua opsi ; tes manual dg pensil 2B & pulpen dan tes dg menggunakan komputer ( kelebihan tes komputer adalah hasilnya lsg bisa diketahui & lebih fair ).
Soal ujian teori terdiri dari 30 soal dan harus benar minimal 60% untuk bisa lulus ( 18 jawaban benar ) dalam waktu 15 menit.
7. Setelah lulus ujian teori dilanjutkan dengan ujian praktek dengan materi jalan zigzag melalui con marka jalan yg cukup pendek jaraknya ( susah lulus walaupun anda sudah terbiasa mengendarai motor ), jalan lurus melaui con sejajar yg cukup sempit ( sungguh terlalu ), terakhir membuat jalur lingkaran dan angka delapan dengan jarak yang sangat pendek ( perasaan gak ada dalam pengalaman berkendara yang nyata, u turn aja gak gitu2 amat, apa coba contohnya ?? agak mudah dilakukan utk motor matik, lah klo yg jarak antar sumbu roda panjang kaya mx, ya gitcyuu dechhh… ), semua harus dilakukan tanpa kesalahan, yaitu kaki menyentuh tanah dan con jatuh.
8. Setelah lulus uji praktek anda tinggal antri foto dan menunggu SIM selesai dicetak.
Jika anda tidak lulus uji praktek anda harus mengulang lagi 2 minggu kemudian dan jika anda dalam mengulang gagal lagi sampai 3 s.d. 4 kali ( pantang menyerah untuk tidak pakai biro jasa ), maka anda dinyatakan lulus secara otomatis :cool:

Semoga bermanfaat, berikut ini link download soal ujian teori SIM :
Bagian 1
Bagian 2
Bagian 3
Bagian 4

About these ads

48 responses to “Cara Pembuatan SIM dan Download Soal Ujian Teori

  1. kopral cepot November 5, 2009 at 2:39 pm

    CINTA PERTAMAAX

    waah .. Kang Elsa pernah di Cimahi .. suganteh urang mana .. salam :)

    • elsabarto November 6, 2009 at 12:43 pm

      sumuhun kang Kopral, sy jadi orang cimindi dari tahun ’96-2006, maklum dugdag nyantri di padepokan unpad jatinangor, hehehe.. :)
      salam juga kang bro

  2. jomblo ati November 8, 2009 at 7:15 am

    ujian praktek dengan materi jalan zigzag melalui con marka jalan yg cukup pendek jaraknya ( susah lulus walaupun anda sudah terbiasa mengendarai motor ), jalan lurus melaui con sejajar yg cukup sempit ( sungguh terlalu )
    …………………………….
    tapi kok banyak yang lulus ya? hihihi…
    tanya kenapa? :P

  3. full house ost December 3, 2009 at 4:34 am

    daun warna ijo? berapa tu daunnya..?
    ha ha ha

  4. anjasmara"ngen December 3, 2009 at 5:27 am

    kang susah jga yaph bkn sim,wish me luck donk!pleas yg ikhlash yaph.. .he. . .he. . .

  5. Taufik December 22, 2009 at 10:12 pm

    ” jika anda dalam mengulang gagal lagi sampai 3 s.d. 4 kali ( pantang menyerah untuk tidak pakai biro jasa ), maka anda dinyatakan lulus secara otomatis ”

    ini nih yang bikin ngakak…dasarnya apa ya? siapa yang desperate, pemohon sim atau yang ngetes? xixixixi

    • elsabarto December 23, 2009 at 12:25 am

      yang bikin sim biasanya bang, sebab antar tes ulang itu jeda biasanya 2 minggu, klo pemohon simnya ada waktu & cuek bebek, ya santai aja xixixi… :lol:

  6. Yandi May 14, 2010 at 3:39 am

    Wah ternyata susah juga ya bikin SIM. Makasih sharing pengalaman dan soalnya. Mudah-2an bermafaat buat persiapan bikin SIM tanpa calo.

  7. a3u5z1i June 11, 2010 at 11:09 am

    Saya sudah mahasiswa tapi belum juga ngambil SIM C
    Kurang suka naik motor soalnya

  8. abay June 15, 2010 at 1:40 am

    makasih yaa soal tes tertulisnya. bisa request jawabannya ga ? hehe.
    aku bsok mau bkin sim.

  9. Alfi Wahyudi June 20, 2010 at 4:39 pm

    Sangat berterimakasih kepada pemilik web ini, saya yakin banyak orang-orang yang terbantukan khususnya yang mau membuat SIM, smg Allah senantiasa memberi rizki kepada anda……….

  10. Samsul Jamhari July 23, 2010 at 10:10 pm

    nyari soal teori SIM akhir’a ketemu jg…

    terima kasih mas…

  11. sakka August 16, 2010 at 10:45 am

    mas, mkasih bnyak nih atas soal2nya….. :)

  12. maoels August 30, 2010 at 11:45 am

    mantap kang… ane mau minggu depan nih bikin SIM… moga2 ada calo terserah deh dalem apa luar… gak pengen ikutan uji praktikum doang… susaaaahhh… di jalan macet aja ane paling yang bikin macetnya whehehehehe :hammer:

  13. haha September 4, 2010 at 7:25 pm

    mudah kok
    triknya jangan sampe perhatikan roda belakang
    tapi tetep fokus pada roda depan dan jika hampir jatuh cepat di gas !…….

  14. Tutorial Blog September 17, 2010 at 9:02 pm

    Trik lulus ujian teori : 1. kalau ada pertanyaan jari jawaban yang paling panjang, 2. kalau jawabannya ada kedua diatas benar itu pasti jawabanya, 3. kalau yang gambar gampang kan yang perlu diingat yang memiliki prioritas jan dulu adalah kendaraan sebelah kiri…

    ane udah praktekin nich… lancar…

  15. lay ban September 29, 2010 at 2:02 pm

    masa si gan yg da tes 4x lebih otomatis lulus. Ane da tes 5x ga lulus2 ampe bewarna-warni kertas ane

    kebijakan tiap daerah mungkin beda2 gan, itu gak lulus2 mungkin nungggu pengertian juragan aja :lol:

  16. mang September 30, 2010 at 3:00 am

    wkwkwkwkwk
    ———————————————————————————————————————————-kebijakan tiap daerah mungkin beda2 gan, itu gak lulus2 mungkin nungggu pengertian juragan aja :lol:
    ———————————————————————————————————————————-“SALAM TEMPEL DONK

  17. mang September 30, 2010 at 3:01 am

    OH lupa Nuhun Kang PDF nya

  18. arasmin October 7, 2010 at 4:40 pm

    matornuwun sangat ya Mas…..moga2 byk rezeki.

  19. Urang Sunda October 19, 2010 at 1:17 pm

    Nuhun pisan kang soalna

  20. inhi November 13, 2010 at 10:41 am

    thx soalnya yah gan….
    ternyata bwanyak sekali yah…..

  21. bob November 23, 2010 at 8:41 am

    kunci jawabannya mane mas?

  22. padmasuwita November 28, 2010 at 8:31 pm

    kok bagian 4 gak bisa didownload mas

  23. padmasuwita November 28, 2010 at 9:05 pm

    mas ternyata bag. 4 udah bisa, terima kasih banyak. mau berbagi pengalaman aja kemarin sabtu ikut tes teori ngambil sim C di madura nggak lulus, di belakang saya duduk orang paroh baya gak bisa bahasa indonesia malah “Lulus”. apa harus pakai salam tempel ya..?

    • elsabarto November 29, 2010 at 6:12 am

      biasanya sih gitu tp klo bisa gak usah pake salam tempel untuk ujian teori, ujian praktek yang lbh susah lulus, klo gak mau diulang-ulang ya terpaksa salam tempel

  24. tyo January 7, 2011 at 8:37 am

    Cara kasih salam tempelnya gimana mas ? apa dari pihak sana yang minta salam tempel atau kita yang langsung kasih salam tempel dan besarnya brp ? thanks

    • elsabarto January 7, 2011 at 9:03 am

      tanya dulu, bisa skip ujian praktek gak ke pengujinya, tiap daerah beda besarannya
      tp coba dulu untuk melaksanakan ujian praktek, klo dah beberapa kali gagal karena rintangannya terlalu mustahil untuk lulus secara jujur, baru pake alternatif diatas.

  25. ana January 10, 2011 at 6:37 pm

    terimakasih karena telah posting soal test ini,tadi saya test untk sim a,tapi gagal. setelah pulang saya cari di internet,dapat ini. terimakasih banyak. coba saya tahu sebelum pergi test,pasti saya lnsyaAllah lulus.

  26. orang cijerah January 25, 2011 at 11:48 am

    gampang ko test sim c mah. yang penting banyak2 latihan di rumah.

    kalo di kantor polisi kan pake corong. kalo di rumah boleh coba pake batu.
    ada 3 level.
    1. gang sempit. saya rasa itu gampang pisan
    2. pola angka 8. aga sulit soalnya harus nahan derajat belokan stang supaya ga kena pembatas.
    3. pola zigzag. nah gara gara ini saya harus ngulang. tapi harita keneh. soalnya dikasih kesempatan 2 kali mencoba.

    nah tips biar lancar melewati rintangan kalo pake motor bebek coba pake gigi 2 terus tahan dikit rem belakang.

    nah sekarang saya mah pengen bikin sim a. ada yang ngulas ga ya? hhe.

  27. heniipuspita March 9, 2011 at 12:46 pm

    ihh saya thn ini ngurus sim c masa hrs menggulang 3x tes teori,
    padahal uda yakin bgt kl tuh 18 dapt bener gitu,,
    waduh jang2 ada konspirasi lagi hehehe :D
    pengen deh liat hasilnya kira2, boleh ga ya???

  28. ikeu yunita December 25, 2011 at 7:56 pm

    Mas Aku mau buat SIM C, itu beneran Soal”yh ? :D hahaha soalnya besok aku tes :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 291 other followers

%d bloggers like this: